5+ Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan

Di Indonesia banyak sekali tumbuhan yang bermanfaat untuk obat. Salah satu diantaranya adalah pohon kayu secang yang biasanya dipakai untuk minuman penghangat badan.

Di Jogja kayu secang terkenal untuk bahan membuat wedang uwuh. Dicampur beberapa rempah lainnya dan menghasilkan rasa yang khas. Rasanya enak dan manjur sekali diminum dimusim dingin atau penghujan.

Nama lain kayu secang adalah Caesalpinia Sappan (nama latin) yang termasuk dalam rempah-rempah atau empon-empon khas Indonesia.

Ciri ciri kayu secang

Kayu secang yang kita kenal berasal dari pohon secang. Pohon secang tumbuh sekitar 5 meter sampai dengan 10 meter. Pada bagian batangnya terdapat corak berupa benjolan khas pohon secang. Batang pohon secang juga berduri dengan warna batang pohon berwarna coklat ada sedikit warna abu-abu.

Pohon secang kebanyakan dapat ditemukan di area pegunungan maupun tanah berpasir. Pohon ini biasa tumbuh di area kering, karena pohon ini karakteristiknya tidak bisa tumbuh di tanah basah.

Gambar pohon secang

Berikut ini beberapa gambar pohon Secang

Gambar Daun Pohon Secang
Gambar Daun Pohon Secang

Gambar Pohon Kayu Secang
Gambar Pohon Kayu Secang

Gambar Pohon Secang dan Manfaatnya
Gambar Pohon Secang dan Manfaatnya

Gambar Pohon Secang
Gambar Pohon Secang

Gambar Tanaman Secang
Gambar Tanaman Secang

Cara mengolah kayu secang

Selama ini kayu secang dikenal sebagai bahan minuman penghangat badan atau sebagai olahan obat.

Mengolah kayu secang untuk minuman

Siapkan bahan :
  • Kayu secang yang sudah diserut tipis secukupnya
  • 1 ruas jahe, gunakan jahe merah atau jahe biasa boleh
  • 1 buah batang sereh yang sudah dibersihkan
  • Gula aren secukupnya
  • 1 kulit kayu manis (secukupnya)
  • 1 buah cengkeh
  • 3 gelas air
  • Panci untuk merebus
  • Gelas untuk tempat minum
Cara pembuatan :
  1. Pukul atau Geprek jahe dan sereh agar kandungan zat bisa keluar saat direbus
  2. Tambahkan kayu secang, cengkeh, kayu manis,  dan geprekan jahe serta sereh
  3. Masukan 3 gelas air dan masak menggunakan api sedang
  4. Setelah dirasa sudah agak panas, tambahkan serutan tipis batang kayu secang
  5. Aduk secara perlahan dan tambahkan gula aren hingga mendidih
  6. Minuman tradisional penghangat badan kayu secang siap dinikmati
Diminum selagi hangat dan rasakan manfaatnya :)

Mengolah kayu secang untuk obat

Selain bisa untuk membuat minuman penghangat badan, kayu secang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat karena kandungan senyawa bermanfaat banyak terkandung didalamnya.

Cara mengolahnya untuk obat adalah dengan cara ditumbuk sampai halus dan dimasukkan ke dalam kapsul.

Efek samping kayu secang

Kayu secang adalah tanaman herbal, jadi sangat minim efek samping. Namun demikian tidak dianjurkan untuk meminumnya secara terus menerus karena takutnya berimbas ke ginjal. Bisa diminum sehari 2x saja dengan diimbangi minum air putih 8 gelas per hari.

Manfaat kayu secang

Kayu secang memiliki banyak manfaat didalamnya. Ada banyak senyawa baik yang terkandung dalam kayu secang, beberapa diantaranya brazilin, alkaloid, brasilein, saponin, flavonoid, terpenoid,  tanin, dan antrakinon. 

Pada setiap serutan kayu secang juga memiliki kandungan delta-a phellandrene, resin, asam galat, oscimene, resorsin, dan minyak atsiri.

Berikut manfaat kayu secang secara umum :

1. Anti radang

Penelitian yang dilakukan para ahli menyebutkan bahwa senyawa yang terkandung dalam batang kayu secang memiliki sifat antiradang. Kayu secang dijadikan sebagai bahan obat herbal yang terbukti dapat mencegah dan menghambat aktivitas hyaluronidase. Kayu secang juga memiliki kandungan antioksidan brazilin yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Menurunkan gula darah

Pada kayu secang bila di ekstrak terdapat senyawa yang bisa meningkatkan metabolisme glukosa hipoglikemia. Perlu diketahui bahwa hipoglikemia adalah kondisi dimana kadar gula dalam tubuh tidak normal. Senyawa brazilin juga dapat bermanfaat untuk melindungi dan menjaga fungsi hati bekerja sebagaimana mestinya.

3. Anti bakteri

Sudah diketahui bahwa beberapa infeksi yang disebabkan oleh bakteri adalah salah satu diantara penyebab penyakit menular. Senyawa yang terkandung dalam kayu secang bisa meningkatkan imun tubuh untuk melawan bakteri.

4. Anti tumor

Kayu secang juga terkandung senyawa anti tumor didalamnya. Bila di ekstrak air dari kayu secang dengan ditambahkan etanol berkadar 50% maka hal tersebut dapat memperlambat sel tumor.

5. Manfaat kayu secang lainnya

  • untuk mandi
  • untuk ibu hamil dan menyusui
  • mengobati asam lambung
  • menurunkan kolesterol
  • untuk promil (program hamil)
  • meredakan diare

Harga kayu secang

Harga kayu secang per kilonya bervariasi tergantung di daerah mana anda membelinya. Ada yang 25 ribu dan ada pula yang 65 ribu jika dilihat di marketplace lokal. Harga kisarannya kurang lebih segitu. Kira-kira 20 ribu sampai dengan 100 ribu. Mohon koreksi bila salah ya :)

F.A.Q

Yang sering ditanyakan :

Kayu secang untuk obat apa?

Kayu secang digunakan untuk menurunkan kadar gula darah, obat anti tumor, obat anti radang, dan sebagai obat anti bakteri. Diolah dengan cara meng-ekstrak atau dengan merebusnya.

Apa manfaat rebusan kayu secang?

Biasanya digunakan untuk menghangatkan badan sebagai campuran minuman kesehatan seperti wedang uwuh. Dan masih banyak manfaat lainnya sebagai obat seperti yang saya sebutkan diatas.

Rempah secang itu apa?

Rempah secang dihasilkan dari olahan kulit ataupun batang secang yang sudah diserut tipis-tipis. Biasa dijual ditempat penjual jamu karena sering untuk campuran jamu.

Amankah kayu secang untuk ibu hamil?

Hati-hati! Wanita hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi kayu manis karena dapat meningkatkan resiko pendarahan, penurunan kadar gula darah, menurunkan trombosit, alergi, bahkan keguguran.

Kayu secang apakah sama dengan kayu manis?

Berbeda jenis dan berbeda rasa. Kayu manis berupa kulit kayu yang terasa manis, sedangkan kayu secang rasanya hambar. Kayu ini hampir mirip warnanya, kayu secang biasanya diserut tipis-tipis.

Kayu secang menghasilkan warna apa?

Kayu secang menghasilkan warna alami kemerah-merahan yang terbentuk dari banyaknya senyawa dan zat bermanfaat yang terkandung di dalamnya.

Penutup

Semoga apa yang disampaikan diatas bermanfaat untuk anda sekeluarga.
Tirta Wahyu
Tirta Wahyu Memiliki hobi gowes bersepeda dan menyukai traveling. Blogging untuk belajar, bertukar informasi dengan para Blogger dan sesama netizen. Matur thanks!

Post a Comment for "5+ Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Tubuh"